Toga Nadeak Sebut Huma Betang Sebagai Matrial Terbaik Pembangunan Ibu Kota Negara

  • Bagikan
banner 468x60

Racikan.id | Kalimantan, Anggota DPRD I dari Fraksi Nasdem, Toga Hamonangam Nadeak, mengatakan bahwa Ia sangat bangga di besarkan di Tanah Borneo.

Toga Hamonangan Nadeak memiliki ayah dan ibu berketuran Batak Toba, lahir dan dibesarkan di Tanah borneo, yakni Kalimantan Tengah Kota Waringin.

banner 336x280

Bukti bahwa orang Dayak sangat terbuka, yakni Toga sekarang di percayakan mewakili masyarakat Kalimantan Tengah di Legislatif sebagai Representatif masyarakat Dayak, menduduki kursi DPRD tingkat 1 mewakili Kabupaten Kota Waringin dan Kabupaten Seruya.

Tutur Toga, Orang Dayak sangat terbuka bagi para pendatang, dan sangat menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Masyarakat dayak sangat menjunjung tinggi filosofi ‘HUMAN BETANG’, dimana dalam satu rumah itu terdapat banyak kepala keluarga yang tidak pernah bertengkar, itu saya saksikan sendiri dan saya rasakan,”tegas Toga.

Menurut Toga selama Ia hidup di tanah Borneo, tidak pernah merasa dibeda-dibedakan dalam pergaulan maupun dalam segala hal.

Toga mengharapan bila nanti IKN benar sudah dapat dipindah ke Kalimantan, nilai-nilai adat yang sudah ada itu tetap dijaga, dan dapat di tularkan kepada sesama warga negara kita ini, baik dari semua suku, supaya semangat hidup HUMA BETANG bisa tetap terpacar dari Kalimatan dan BinekanTunggal ika yang Terwujud nyata.

“HUMA BETANG sebagai Matrial Terbaik pembanguan Ibu kota Negara,”tandasnya.

Filosofi, Huma Betang merupakan rumah adat suku Dayak, dimana dalam satu rumah panggung besar tapi di dalamnya banyak keluarga dari berbagai macam kepala keluarga tidak pernah bertengkar, penuh kedamaian.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan