Akademisi UI: Kapasitas dan Integritas Jamiluddin Ritonga Membuatnya Pantas Jabat Menkominfo RI

JAKARTA l Racikan.id – Akademisi Universitas Indonesia (UI) Budi Satrio menilai sosok Jamiluddin Ritonga sangat pantas menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI.

“Melihat rekam jejaknya sejak saya kenal dengan beliau tahun 1992 di IISIP sebagai dosen dan peneliti, kemudian menjadi staf ahli di DPR RI, menurut saya, Jamiluddin Ritonga sangat pantas menjadi Menkominfo di Kabinet Prabowo-Gibran nanti,” kata Budi kepada JakartaNews.id, Senin (14/10/2024).

Menurut Budi, hal menonjol yang dimiliki sosok Jamiluddin Ritonga adalah konsistensi, profesional, dan objektif dalam menilai segala sesuatunya.

“Yang menonjol adalah tenang konsisten dan fair dalam menilai maupun bekerja profesional,” ungkap Budi.

Budi melihat kapasitas dan kapabilitas serta jaringan yang luas di bidang pers dan politik membuat sosok Jamiluddin Ritonga pantas untuk direkomendasikan untuk menjadi Menkominfo RI periode 2024-2029.

“Jadi saya merekomendasikan beliau karena beliau memiliki kapasitas, kapabilitas, dan jaringan yang luas terutama pada bidang pers dan politik,” tegas mantan Dosen Ilmu Ekonomi IISIP, Jakarta ini.

Mengenai integritas dan idealisme, Budi meyakini, sosok Jamiluddin Ritonga tidak perlu diragukan lagi.

Budi menambahkan, Jamiluddin Ritonga merupakan figur yang jauh dari kepentingan pragmatisme sesaat.

“Integritasnya teruji baik sebagai dosen maupun praktisi dan staf ahli karena saya sering wawancara dia diskusi meskipun kami kadang beda pandangan politik. Idealismenya juga tidak terjebak pada kepentingan pragmatis sesaat di situlah kekuatan Jamiluddin Ritonga,” pungkas Budi Satrio. (***)

Tinggalkan Balasan