saksi fakta kubu prabowo-sandi

Merasa Terancam, Saksi Prabowo dicecar Hakim Sebab Tidak Lapor Polisi

Share it

Racikan.id-Saksi ketiga yang dihadirkan oleh kubu Prabowo-Sandi dicecar pertanyaan oleh Hakim Mahkamah Konstitusi sebab mengaku dirinya merasa terancam.

Menilai bila pernyataan Hermansyah tersebut kontradiktif. Hakim MK, I Dewa Gede Palguna mencecar saksi dari kubu Prabowo-Sandi itu, dalam sidang sengketa Perselisihan hasil Pemilihan umum (PHPU) pilpres di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (19/6/2019)

Adapun kejadian tersebut bermula dari pertanyaan Teuku Nasrullah, anggota tim hukum Prabowo-Sandi yang bertanya kepada Hermansyah mengenai pernah atau tidaknya saksi mengalami kekerasan fisik.

“saudara saksi apakah saksi selama sebelum pemilu atau pada saat pemilu atau sampai sekarang ini pernah mengalami kekerasan fisik yang saksi alami dalam rangkaian pemilu ini” tanya Teuku Nasrullah.

Menjawab pertanyaan itu, Hermansyah mengaku jika beberapa kali ia melihat mobil yang tak dikenali pemiliknya, berhenti didepan rumahnya.

Menurut Hermansyah, daerah kediamannya itu termasuk daerah sepi.

Kemudian, kembali Teuku Nasrullah menanyakan apakah Hermansyah pernah mengalami kejadian di jalan tol. Hermansyah pun mengakui jika dirinya pernah ditusuk di jalan tol sekitar bulan juli 2017.

Dalam pengakuannya, hermansyah mengatakan bila kejadian tersebut setelah dirinya ingin bersaksi disebuah persidangan

“pada saat itu saya tidak tahu sama sekali, tiba-tiba mobil saya distop, dan saya ditusuk-tusuk seperti itu” jelas Hermansyah.

Pria yang bermukim di Kota Depok inipun menerangkan jika pada saat itu, dirinya tidak mengenal pelaku yang menyerangnya. Menurut Hermansyah karena kejadian itu maka banyak bekas tusukan ditubuhnya, antara lain pada bagian leher.

Selanjutnya, sebab menganggap kejadian di jalan Tol yang dialami oleh saksi tidak ada relevansinya dengan persidangan sengketa PHPU Pilpres 2019, maka Hakim MK memutuskan untuk kembali pada pembahasan terkait masalah Situng KPU.

Namun tidak beberapa lama, hakim MK, I Dewa Gede Palguna kembali bertanya untuk menegaskan keragu-raguan saksi terkait ancaman pada dirinya

“nggak, saya hanya ingin menegaskan saja karena tadi ada jawaban yang ragu-ragu. Saya mau tanya, pada saat ini ketika saudara memberikan keterangan ditempat ini, saudara merasa terancam, “ tanya I Dewa Gede Palguna pada Hermansyah

Atas pertanyaan Hakim MK itu, hermansyah menjawab bila dirinya merasa terancam

“sekarang merasa terancam” tanya I Dewa Palguna

“ya dengan yang tadi saya sebutkan, Pak” jawab Hermansyah

Kemudian Hakim Palguna menanyakan apakah dengan sering melihat mobil yang tak dikenali berhenti didepan rumahnya, menjadi alasan saksi merasa terancam.

“ ya kalau kemarin itu sekitar ada lima mobil, “ jelas Hermansyah.

Hakim MK, I Dewa Gede Palguna, selanjutnya bertanya kepada saksi, apakah saksi telah meminta perlindungan kepada pihak kepolisian dan Hermansyah mengaku bahwa dirinya belum melapor ke polisi

“ belum pak, karena bagi saya belum ada ancaman, “ jawab Hermansyah

“katanya tadi merasa terancam, bagaimana sih,” kata Palguna

“ mobil itu kan, bagi saya logikanya harusnya gak harus berenti-berhenti, gitu “ jelas Hermansyah

“ jadi hanya asumsi saudara. Tapi saat ini, saya menegaskan saat ini, saudara merasa terancam “ tanya Palguna

“ ya paling tidak saya merasa terancam juga “ jawab hermansyah

“kenapa saudara tidak lapor polisi. Tadi katanya, tidak. Ada yang kontradiksi dari keterangan saudara karena merasa  tidak wajar, tapi anda tidak melapor polisi. sekarang jika ditanya, saudara merasa terancam” tegas Hakim I Dewa Gede Palguna.

Lalu Hermansyah menjelaskan jika dirinya belum melapor kepada pihak kepolisian sebab belum ada ancaman secara fisik yang diterima olehnya.

 “Jadi anda merasa cukup leluasa apa tidak memberi keterangan sekarang ini “ tanya Hakim palguna yang dijawab saksi jika dirinya agak sedikit merasa cemas.

Mendengar jawaban Hermansyah, Hakim Palguna kemudian mencecar saksi kubu Prabowo-Sandi itu karena mengaku merasa cemas, namun tidak melapor ke Polisi.

 “mengapa saudara tidak lapor,,saya tanya anda, jangan toleh-toleh, saya tanya saudara “ kata palguna

Namun sekali lagi Hermansyah mengungkapkan alasan dirinya belum lapor ke polisi, sebab belum merasa terancam secara fisik.

“ Ya itu kan sudah cukup alasan kalau anda tidak merasa aman. Itu kan sudah tugas polisi untuk mengamankan warga negara. Kalo anda merasa terancam anda bisa melaporkan “ sebut Hakim I Dewa Gede Palguna. (Obeth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *