Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/tmp/#sql_7ea5_0.MYI' (Errcode: 28 - No space left on device) in /host/depokberkarya/racikan.id/wp-includes/wp-db.php on line 2008
11 Juni 2010: Untuk Pertama Kalinya Piala Dunia digelar di Benua Afrika - RACIKAN.ID
Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/tmp/#sql_7ea5_0.MYI' (Errcode: 28 - No space left on device) in /host/depokberkarya/racikan.id/wp-includes/wp-db.php on line 2008

11 Juni 2010: Untuk Pertama Kalinya Piala Dunia digelar di Benua Afrika

Racikan.id-Bisa dikatakan bila Sepak bola telah menjadi olah raga yang paling digandrungi di jagad raya ini. Tidak pandang usia dan juga tidak dibatasi oleh jenis kelamin, rupanya permainan mengolah si kulit bundar tersebut mampu menyihir sebagian besar penghuni bumi. Maka janganlah heran bila event-event akbar sekelas liga Champions, Piala Eropa ataupun Piala Dunia ‘ bak magnet yang mampu menyedot perhatian penghuni diberbagai belahan bumi.

Bicara soal Piala Dunia, maka tepat dihari ini, sembilan tahun yang lalu, akan selalu dikenang oleh masyarakat di benua Afrika. Pasalnya, untuk pertama kalinya gelaran Piala Dunia dilangsungkan di benua ini.

Sejak digelar pertama kalinya di tahun 1930, hanya benua Eropa dan Amerika yang menjadi langganan sebagai tuan rumah dari event akbar empat tahunan tersebut.  Barulah di tahun 2010, giliran benua Hitam, Afrika, yang mendapat giliran menjadi tuan rumah dari perhelatan Piala Dunia. Terhitung sejak 11 Juni – 11 Juli 2010, Afrika Selatan menjadi tuan rumah bagi gelaran Piala Dunia.

Adapun proses Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah piala dunia edisi 2010, terjadi pada Mei 2004 dengan mengalahkan dua negara Afrika lainnya dalam pengundian tuan rumah, yaitu Maroko dan Mesir.

Pembukaan Piala dunia 2010 digelar di Soccer City Stadium, Johannesburg , Afrika Selatan. Setelah acara pembukaan  yang nyaris dihadiri oleh seratus ribu pasang mata yang menjadi saksi sejarah perhelatan piala dunia ini, maka pertandingan pembuka mempertemukan Afrika selatan dan Mexico yang tergabung dalam Grup A. Laga tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1. Bertindak sebagai tuan rumah, Afrika selatan menyediakan 10 stadion untuk menyukseskan Piala Dunia 2010.

Lawrence siphiwe Tshabalala adalah pemain asal Afrika Selatan yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol perdana di Piala Dunia 2010.  Gelaran piala dunia Afrika Selatan 2010, akan diingat selalu dalam sejarah sepak bola.  Selain Singa Zakumi yang menjadi maskot  bagi Piala Dunia 2010, maka lagu Waka Waka ( This Time For Africa) yang dinyayikan oleh Shakira dan Freshlyground, akan selalu diidentikkan dengan perhelatan Piala Dunia 2010.

Pada Piala Dunia edisi 2010 tersebut, Spanyol berhasil mengangkat Trophy perdana Piala dunia mereka, setelah tim Matador menyingkirkan Belanda dengan skor 1-0.  Gol semata wayang dari Iniesta tercipta empat menit sebelum babak perpanjangan waktu selesai.

Spanyol juga berhasil mengukir sejarah dengan menjadi tim Eropa pertama yang mampu menjuarai Piala Dunia yang diselenggarakan diluar benua biru.  (Hermes Elwarin)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − four =