jumpa pers

Sejumlah Petugas KPPS-Polri Meninggal Dunia, #IndonesianElectionHeroes Trending Topic, KPU Akan Evaluasi Sistem Penyelenggaraan Pemilu Serentak

Racikan.id –Dengan adanya beberapa kasus terkait meninggalnya petugas penyelenggara Pemilu 2019 di beberapa daerah.  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) berencana mengevaluasi sistem penyelenggaraan pemilu serentak.

“Setelah pemilu selesai baru akan dilakukan evaluasi,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman saat diwawancarai wartawan di kantor KPU, Sabtu (20/4/2019)

Arief menuturkan, jika pihaknya saat ini masih mendata jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh Indonesia yang meninggal dunia saat bertugas melakukan proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019.

Menurutnya, mayoritas petugas penyelenggara pemilu di daerah itu meninggal dunia akibat kelelahan dan terkena serangan jantung.


“Pekerjannya berat dan banyak, maka orang sangat mungkin kelelahan dalam menjalankan tugas,” ucapnya.

Selanjutnya, Arief Budiman mengatakan pihaknya akan memberikan santunan kepada para petugas KPPS yang meninggal dunia saat menjalankan tugas, sebagai penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Dalam Pemilu 2019 kali ini, masyarakat mencoblos lima kertas suara yang kemudian dimasukkan ke dalam lima kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS). Adapun lima surat suara itu terdiri dari surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dari tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Kota serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dengan jumlah lima kertas suara, membuat durasi waktu pemungutan suara dan penghitungan hasil suara di tingkat TPS di beberapa daerah berlangsung hingga lebih dari 24 jam.

Sebelumnya, dikabarkan bila sebanyak 12 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) di Jawa Barat meninggal dunia. Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Jawa Barat Rifqi Alimubarok mengatakan, terlalu lamanya waktu penghitungan jadi sebab utama kejadian itu.

Rifqi menjelaskan, para petugas KPPS kelelahan lantaran rata-rata penghitungan suara baru selesai pukul 05.00 pagi. Apalagi para petugas sebelumnya mesti begadang untuk menyiapkan TPS dan logistik.

 “Berdasarkan hasil pantauan di lapangan rata-rata itu selesai jam 5 pagi, bahkan ada yang berlanjut sampai jam 12 siang. Karena belum selesai menyalin hasil formulir yang cukup banyak. Dan itu kan tanpa jeda, apalagi kemudian mereka kebanyakan mempersiapkan TPS di H-1 jadi, otomatis kan kelelahan,” ungkap Rifqi saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (20/4/2019), seperti dikutip dari Kompas.com

lewat akun Twitternya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil juga menyampaikan keprihatinannya atas adanya beberapa petugas KPPS yang meninggal saat menjalankan tugas mereka, mengawal pelaksanaan Pemilu 2019

Cuitan Ridwan Kamil dalam akun twitternya

Sementara itu, ajang pesta demokrasi, Pemilihan Umum 2019 yang seharusnya disambut suka-cita oleh seluruh rakyat indonesia, telah berubah menjadi cerita duka bagi sejumlah petugas yang harus gugur saat menjalankan tugasnya mengamankan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pasalnya, sejumlah petugas polisi harus gugur dalam tugasnya mengawal kotak suara, ditambah pula dengan  adanya sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan saksi yang meninggal saat mengawal perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Belum lagi dengan proses distribusi logistik Pemilu 2019 ke sejumlah wilayah yang membutuhkan perjuangan lebih, karena banyaknya medan berat yang harus dilalui para petugas.

atas pengorbanan dan jerih payah dari para Pahlawan Pemilu tersebut, maka sangatlah wajar bila mereka mendapatkan pujian dari netizen tanah air.

sebab itulah munculnya #IndonesiaElectionHeroes merupakan wujud apresiasi bagi para pahlawan pemilu kita, sebab tanpa usaha yang begitu besar dari para petugas, Pemilu 2019 tidak akan terjadi.

Banyaknya netizen yang memposting, tagar #IndonesianElectionHeroes pun masuk dalam trending topic Indonesia pada Jumat sore (19/4/2019). berikut ini beberapa cuitan dari para Netizen yang mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan para petugas di pemilu 2019 (costa)

Cuitan Politisi PSI, Rian Ernest
cuit salah satu Netizen, @PrihatiRetno
Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − 1 =