Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/tmp/#sql_7ea5_0.MYI' (Errcode: 28 - No space left on device) in /host/depokberkarya/racikan.id/wp-includes/wp-db.php on line 2008
Sejarah Hari Ini: Amerika Resmi Ikut Perang Dunia I - RACIKAN.ID
Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/tmp/#sql_7ea5_0.MYI' (Errcode: 28 - No space left on device) in /host/depokberkarya/racikan.id/wp-includes/wp-db.php on line 2008

Sejarah Hari Ini: Amerika Resmi Ikut Perang Dunia I

Racikan.id Akhir Maret 1917, kapal selam Jerman menenggelamkan empat kapal dagang AS. Kemudian, pada 2 April Presiden Wilson berpidato di hadapan Kongres Amerika  membawakan pesan perang kepada Jerman.

Diawali 6 April 1917, Ketika itu parlemen Amerika Serikat menggelar pemungutan suara dengan hasil 372 suara mendukung keputusan Senat untuk  menyatakan perang terhadap Jerman. Dengan keputusan dua lembaga legislatif itu, maka secara resmi Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I.

Ketika pecahnya Perang Dunia I pada 1914, Presiden AS Woodrow Wilson bertekad untuk mempertahankan status netral negara yang dipimpinnya itu. Tentu saja  keputusan untuk tetap netral yang diambil Wilson ini mendapat dukungan luas dari warga Amerika Serikat. Namun, seiring perjalanan waktu ketegangan antara AS dan Jerman terus meningkat.

Jerman yang terus berusaha mengisolasi kepulauan Inggris yang notabene adalah salah satu rekan dagang terbesar AS, menjadi penyebab ketegangan hubungan antara kedua Negara. Pasalnya, akibat upaya isolasi itu, maka sejumlah kapal dagang AS rusak parah atau tenggelam karena terkena ranjau laut yang disebar Jerman di sekitar perairan Inggris.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG_20190406_022820.jpg

Pada Februari 1915, Jerman mencanangkan akan menembak semua kapal dagang, termasuk dari negara netral, yang mencoba masuk ke perairan Inggris. Sebulan kemudian, Jerman mengabarkan terah menenggelamkan William P Frye, sebuah kapal dagang swasta asal Amerika Serikat.

Alhasil akibat insiden tersebut membuat Presiden Wilson murka, tetapi pemerintah Jerman meminta maaf dan menyebut kejadian tersebut sebagai sebuah kecelakaan. Kemudian pada 7 Mei 1915, tanpa diberikan peringatan terlebih dahulu, sebuah kapal penumpang milik Inggris, Lusitania dihantam torpedo Jerman di lepas pantai Irlandia.

Saat  itu Lusitania tengah mengangkut sekitar 2.000 orang . Akibatnya 1.201 orang tewas, termasuk 128 orang warga Amerika Serikat. Pemerintah Jerman menegaskan Lusitania selain membawa penumpang juga mengangkut amunisi. Kejadian ini dikecam keras Amerika Serikat dan meminta Jerman untul menghentikan aksinya menembaki kapal dagang dan kapal penumpang tak bersenjata.

Rupanya Jerman tak mengindahkan peringatan Amerika. November 1915, tanpa memberikan peringatan, sekali lagi kapal selam Jerman menenggelamkan sebuah kapal milik Italia. Akibatnya, 272 orang di atas kapal itu tewas, termasuk 27 warga Amerika Serikat.

Kejadian itulah yang memicu Berangnya Amerika Serikat. Pandangan publik Amerika terhadap Jerman berubah drastis. Pada Februari 1917, Jerman yang bertekad memenangkan perang kembali mengambil langkah untuk menembaki kapal-kapal dagang yang memasuki perairan di zona perang. Tiga hari kemudian, AS memutuskan hubungan diplomatik dengan Jerman dan di hari yang sama kapal AS Housatonic ditenggelamkan kapal selam Jerman.

Selanjutnya Pada 22 Februari, Kongres mengesahkan undang-undang pencairan anggaran perang sebesar 250 juta dolar AS untuk mempersiapkan negeri itu terlibat dalam perang.

Pada akhir Maret 1917, kapal selam Jerman menenggelamkan empat kapal dagang AS dan pada 2 April Presiden Wilson berpidato di hadapan Kongres membawakan pesan perangnya. Hanya dalam waktu empat hari, Senat dan DPR AS mendukung niat pemerintahan Presiden Wilson untuk terjun ke Perang Dunia I.

walaupun setahun sebelumnya, berbagai langkah telah diambil untuk mempersiapkan militer AS bila suatu saat terlibat dalam perang dunia ke-1. Akan tetapi tetap saja Presiden Wilson tak bisa langsung mengirimkan bantuan signifikan bagi Sekutu.

Saat memutuskan ikut berperang, AD Amerika Serikat hanya mampu memobilisasi 100.000 personel. Maka untuk mengatasi masalah ini, Presiden Wilson mengambil kebijakan wajib militer. hasilnya, saat Perang Dunia I berakhir pada 11 November 1918, sudah lebih dari 2 juta tentara AS bertugas di medan-medan pertempuran Eropa dengan  50.000 di antaranya tewas.

 Meskipun terlambat mengambil keputusan untuk terjun dalam perang dunia I, namun pengaruh terpenting dari terlibatnya AS dalam Perang ini adalah menyelamatkan Inggris dan sekutunya dari kebangkrutan. Tercatat, hingga awal April 1917, Inggris telah menghabiskan anggaran sebesar 75 juta dolar AS per pekan untuk membeli persenjataan dan logistik dari AS baik untuk negeri itu atau sekutunya.

Secara total Inggris sudah mengalami defisit anggaran hingga 358 juta dolar akibat perang tersebut. Selain itu, kedatangan militer AS secara krusial menambah kekuatan sekutu, khususnya angkatan laut untuk melawan blokade Jerman. AL Amerika Serikat tiba di Inggris pada 9 April 1917 atau hanya tiga hari setelah deklarasi perang dikumandangkan.

Namun, Jenderal John J Pershing, yang menjadi komandan pasukan AS di Eropa, baru tiba pada 14 Juni 1917 atau sekitar sepekan setelah kedatangan angkatan laut. Gelombang pertama sebanyak 14.000 personel militer AS tiba di Perancis dan langsung berlatih untuk mempersiapkan diri ke pertempuran.

Sejarah mencatat, walaupun keterlibatan AS dalam perang dunia I amat terlambat namun kehadiran AS berhasil mengubah jalannya perang. Dengan hadirnya Amerika, sekutu berhasil mengalahkan Jerman di Perang Dunia I.

Penulis: obeth

Dari berbagai sumber referensi


Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + 9 =