Ridwan kamil

Pemprop Jabar Beri Santunan Kepada 49 Keluarga “Pahlawan Demokrasi” yang Meninggal

Racikan.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat  memberikan santunan dan penghargaan kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS) di Jabar yang wafat selama perhelatan Pemilu 2019.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberikan langsung santunan kepada keluarga petugas KPPS yang meninggal (Foto : akun Twitter Ridwan Kamil)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan langsung santunan tersebut kepada para perwakilan keluarga ahli waris di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (23/4/2019) malam.

 “Kita memberikan penghargaan bagi mereka yang kita sebut pahlawan demokrasi ini, santunan Rp 50 juta per mereka yang berpulang,” ujar kang Emil.

Proses pemberian santunan akan dilakukan setelah pihak keluarga mengisi kelengkapan data. Meski tak sebanding dengan pengorbanan para petugas, dirinya berharap santunan tersebut bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

“Keputusannya baru, tentu proses by name by address-nya tidak secepat yang kita bayangkan. Hari ini diberi surat keterangan setelah itu nanti kita transfer setelah data nomer rekening masuk dan data terverifikasi. Saya bilang jangan dilama-lamain,” tegasnya

Sementara itu, Iwa Karniwa, Sekretaris Daerah Jawa Barat  mengatakan, anggaran santunan itu berasal dari dana tak terduga setelah mendapat izin dari Kementrian Dalam Negeri.

“Dari dana tak terduga kita konsultasi dengan Kemendagri dimungkinkan untuk menggunakan dana itu. Ini tanda bahwa negara hadir untuk para pejuang demokrasi. Dengan adanya fatwa itu kami akan segera memberikan santunan sesuai arahan gubernur. Kita tunggu kelengkapan data dulu,” jelasnya.

Dari hasil pendataan Pemprov Jabar, hingga Selasa (23/4/2019) jumlah petugas yang gugur menjadi 49 orang. (costa)


Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 1 =