liga Champions

Liga Champions: Jamu Barca di Old Trafford, MU Kalah 0-1

Share it

Racikan.id-Red Devil, Manchester United harus menerima kenyataan pahit saat menjamu Barcelona di Old Trafford, pada leg pertama Perempat final Liga Champions, Kamis (11/04/19) dini hari WIB.

Bermain dihadapan para pendukungnya sendiri, Setan Merah harus takluk dari Barcelona 0-1. Dengan hasil ini maka El Barca telah memiliki modal berharga untuk menatap leg kedua, yang akan dilangsungkan di Camp Nou, 17 April 2019.

Sejak peluit kick off babak pertama berbunyi, Barcelona langsung mengontrol pertandingan. Alhasil bola banyak dikuasai Lionel Messi dkk, namun peluang pertama didapatkan oleh MU.

Pada menit keempat, Sergio Busquets melakukan pelanggaran terhadap Scott McTominay dan berbuah tendangan bebas. Tendangan Marcus Rashford yang menjadi eksekutor masih melebar ke samping kanan gawang Barca.

Sebaliknya, Barcelona yang terus berusaha untuk membongkar pertahanan MU, akhirnya mampu merobek gawang David De Gea di menit ke-12, setelah  Luke Shaw membuat gol bunuh diri.

Bermula dari umpan Lionel Messi di dalam kotak penalti, Luis Suarez kemudian menanduk bola operan Messi dan Bola sempat membentur Shaw sebelum masuk ke gawang David De Gea.

Hakim garis sempat mengangkat bendera, menganggap Suarez sudah dalam posisi offside saat menyambut umpan Messi. Wasit Gianluca Rocchi kemudian mengeceknya lewat VAR dan mengesahkannya gol tersebut. Barcelona unggul 1-0 atas MU.

Tertinggal dari tamunya, membuat MU gantian menekan. Tercatat tuan rumah sempat mengancam lewat sepakan Rashford, sementara Barcelona juga punya peluang lewat sepakan Philippe Coutinho yang bisa diblok David De Gea. Dan hingga turun minum, keunggulan bagi tim tamu tetap bertahan.

Selanjutnya, di babak kedua MU mengambil inisiatif untuk menyerang dan berganti menekan Barca sejak awal. Hasilnya, lini belakang Barcelona dibombardir.

Pada menit ke-51, peluang emas didapatkan Setan Merah. Memanfaatkan bola liar di kotak penalti, Rashford melepaskan sepakan voli, namun bolanya masih jauh dari sasaran kendati posisi Rashford cukup bebas, saat itu.

Dibabak kedua ini, Barcelona lumayan kewalahan menghadapi gempuran para punggawa Manchester United. Alhasil untuk bisa meredam pergerakan pemain MU, maka beberapa kali pelanggaran dilakukan oleh anak asuh Ernesto Valverde itu.

Setelah serangkaian percobaan, di menit ke-66, Barcelona bisa mengancam MU. Bermula dari umpan terobosan Semedo ke kotak penalti, yang bisa dikuasai Suarez. Striker Uruguay itu lantas melepaskan sepakan jarak dekat ke gawang MU, namun bolanya cuma mengarah ke tepi gawang.

Pada menit ke-70, giliran MU mendapat tendangan bebas usai Paul Pogba dilanggar Arturo Vidal. Rashford yang menjadi eksekutor, kembali gagal mengarahkan bola ke gawang Barcelona.

Satu lagi peluang didapatkan Barcelona melalui Messi, setelah Semedo dilanggar Pogba di luar kotak penalti di menit ke-82. Messi, yang menjadi eksekutor, bisa mengarahkan bola ke gawang MU lewat celah bawah pagar betis para pemain MU. Namun sayangnya, bola hasil tendangannya itu masih bisa ditangkap De Gea.

Pada sisa waktu pertandingan, MU berusaha menekan Barcelona. Namun tidak ada gol tercipta, dan kemenangan 1-0 Barcelona atas MU bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain

Manchester United: David De Gea, Ashley Young, Victor Lindeloef, Chris Smalling, Luke Shaw, Diogo Dalot (Jesse Lingard 74′), Scott McTominay, Fred, Paul Pogba, Marcus Rashford (Andreas Pereira 85′), Romelu Lukaku (Anthony Martial 68′)

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Arthur Melo (Sergi Roberto 66′), Sergio Busquets (Charles Alena 90′), Philippe Coutinho (Arturo Vidal 65′), Luis Suarez, Lionel Messi. (costa)