pyiongyang

Pesona Kota Pyongyang yang Tidak Media Barat Beritakan

Share it

Apa yang terlintas dalam pikiran anda kalau mendengar nama negara “Korea Utara” selain sang supreme leader Kim Jong Un, yang baru-baru ini bertemu Presiden AS, Donald Trump, di Hanoi?

Pastinya juga hal-hal yang tidak terlalu positif seperti uji coba senjata nuklir, negara tertutup, tentara di mana-mana, dan lain sebagainya yang tidak enak didengar.

Informasi-informasi tersebut umumnya berasal dari media barat dan dari orang-orang yang bahkan belum pernah menginjakkan kakinya di Korea Utara. Atau juga dari wisatawan yang hanya melihat Korea Utara secara terbatas, karena harus mengikuti aturan dan jadwal pemandu wisata dari Korea Utara yang ketat.

Ibu Kota Korea Utara adalah Pyongyang, yang selama ini selalu identik dengan parade militer di Kim Il Sung Square lengkap dengan kendaraan yang membawa rudal nuklir. Begitu, bukan, yang kerap kita lihat di layar televisi?

Menjadi diplomat yang ditempatkan di Korea Utara memberikan saya kesempatan yang sangat langka dan unik karena bisa melihat dan mengeksplorasi langsung Pyongyang dan tempat-tempat lain di Korea Utara dengan jauh lebih leluasa daripada apabila datang sebagai wisatawan yang secara ketat harus ikut pemandu orang Korea Utara.

Di balik bangunan-bangunan bergaya Stalinis-Realis dan propaganda-propaganda, siapa yang sangka banyak ‘permata-permata’ tersembunyi di Pyongyang yang tidak banyak orang tahu. Berikut ini adalah tempat-tempat tersebut yang mungkin anda tidak dengar ada di Pyongyang, Korea Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *